RSS

5 Pria yang Menciptakan Media Sosial di Usia Muda

01 May

Di era digital seperti sekarang ini, internet adalah sebuah kebutuhan yang vital. Dengan internet kita bisa melakukan berbagai hal mulai dari mengerjakan hal-hal penting yang menyangkut pekerjaan, sampai dengan sibuk di beragam jejaring sosial untuk mengisi waktu luang. Tahukah anda bahwa dari sekian banyak sosial media di dunia maya, banyak diantaranya adalah hasil pemikiran anak-anak muda? Ya, jiwa muda memang penuh dengan kreatifitas dan inovasi. Berikut ini adalah daftar lima pemuda pendiri social media versi uniknya.com:

1.      Mark Zuckerberg – Facebook

Walaupun masa keemasannya sudah lewat, tidak bisa dipungkiri bahwa facebook adalah jejaring sosial yang masih menjadi favorit banyak orang sampai sekarang. Jutaan orang di dunia telah memiliki account di jejaring pertemanan ini. Facebook diciptakan oleh seorang pria bernama Mark Zuckerberg ketika masih berstatus mahasiswa! Berawal dari sebuah network project, Mark yang dibantu tiga orang temannya berhasil menciptakan social network yang beranggotakan anak-anak kampusnya di Harvard. Dalam hitungan bulan facebok meluas ke kampus-kampus lain seperti MIT, NYU, Boston Univeristy, dll sampai akhirnya resmi diluncurkan ke tengah-tengah masyarakat luas. Hanya empat bulan setelah diluncurkan facebook meraih keuntungan sebesar 1.5 milyar US dollar atau Rp. 13 Triliun, yang membuat Mark menjadi milyarder termuda di dunia.

Mark Zuckerberg (Sumber: thetechherald.com)

2.      Jack Dorsey – Twitter
Siapa yang tidak kenal twitter? Media Sosial yang satu ini sudah menghipnotis jutaan orang sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2006 lalu. Dengan kelebihannya yaitu menyampaikan informasi secara cepat dan dibatasi hanya 140 karakter per-postingan, twitter menjadi jejaring sosial paling populer saat ini. Twitter didirikan oleh Jack Dorsey dibantu oleh dua orang temannya, Biz stone dan Evan Williams. Ide tentang twitter muncul di benak Jack ketika usianya baru 24 tahun. Ketika itu Jack ingin membuat sebuah jejaring sosial dimana Ia bisa berbagi kabar dengan teman-temannya secara cepat tanpa harus menulis postingan satu halaman penuh. Kini pengguna twitter semakin meluas dengan variasi pengguna mulai dari anak sekolahan, artis, penulis, hingga media cetak dan berbagai brand produk terkemuka.

Jack Dorsey (Sumber: inmoreau.com)

3.      Charles Mullenweg – WordPress
Pria bernama lengkap Matthew Charles Mullenweg ini lahir di Houston, Texas, Amerika Serikat pada 11 Januari 1984. Ia adalah pendiri sekaligus pengembang situs blogging ternama, wordpress. Prestasi ini bisa dibilang sangat mengagumkan mengingat pendidikan formal Matt bukanlah di bidang teknologi komputer atau programming. Ide untuk membuat wordpress didapatnya ketika usianya baru 18 tahun (2002), tetapi baru pada usia 19 tahun Matt dan rekannya, Mike Little, mulai mengembangkan coding wordpress berbasis situs blogging yang sudah pernah dibuat. Walaupun di drop out (DO) dari kampusnya, Matt berhasil membuktikan bahwa Ia bisa menjadi pengusaha muda dan sukses. Tahukah anda? Bahwa pada awal tahun 2009 Matt Mullenweg pernah berkunjung ke Indonesia untuk menjadi tamu utama dalam acara Wordcamp Indonesia 2009 – “1st Annual Conference for Indonesian WordPress Enthusiasts”.

Charles Mullenweg (Sumber: wordpress.com)

4.      David Karp – Tumblr
David Karp adalah seorang pemuda dibalik kesuksesan situs mini-blogging, tumblr. Walaupun sudah banyak situs blogging seperti blogger atau wordpress, tumblr tetap diminati karena desainnya yang unik dan beda dari situs blogging yang lain. Dengan tumblr pengguna tidak hanya bisa memposting tulisan, tetapi juga foto, kuotasi, chat, audio bahkan video. Selain itu ada fasilitas re-blog dan ask page sehingga para pengguna bisa saling berbagi postingan dan melakukan interaksi secara lebih akrab. David Karp menciptakan tumblr di usia yang masih sangat muda yaitu 19 tahun. Kini pria tampan kelahiran 6 Juli 1986 ini juga sibuk menjadi foto model sebuah brandterkemuka di Jepang.

David Karp (Sumber: bloggersavvysolutions.com)
5.      Andrew Darwis – Kaskus
Pengguna internet di Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan situs bernama kaskus. Kaskus yang merupakan kependekan dari kasak-kusuk (bergosip) adalah situs media sosial ‘rasa’ Indonesia. Andrew Darwis mendirikan Kaskus pada tahun 1999 dengan modal hanya US $ 3 atau Rp. 30 ribu saja. Berawal dari tugas yang diberikan oleh dosen untuk membuat program dari free software, kini Kaskus berkembang menjadi website forum komunitas yang terbesar di Indonesia. Manfaat Kaskus selain menjadi forum diskusi berbagai topik hangat, juga untuk menumbuhkan geliat bisnis online di Indonesia. Dengan Kaskus pembeli dan penjual bisa saling menemukan dan bertransaksi secara transparan. Kini komunitas pengguna Kaskus bisa dengan mudah anda temukan di berbagai kota di Indonesia. Kegiatannya pun tidak melulu di depan komputer, tetapi juga kegiatan off air seperti kopi darat atau mengadakan penggalangan dana bagi korban bencana alam. Sundul gan!

Andrew Darwis (Sumber: id-optimis.org)

Sumber: http://pengetahuanituindah.blogspot.com/2011/11/5-pria-yang-menciptakan-media-sosial-di.html

 
Leave a comment

Posted by on May 1, 2012 in Educations

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: