RSS

Gua-Gua Terindah Di Dunia

01 May

By azrincuprat Leave a Comment

Gua adalah sebuah karya seni Tuhan yang tercipta dengan keindahan dan struktur yang menawan. Jika kita menilik proses penciptaannya, sungguh besar kuasa Tuhan. Melalui proses alami yang panjang dan terjadi jutaan tahun lalu sejak bumi ini terbentuk. Masing-masing gua memiliki karakteristik tersendiri. Berikut merupakan gua-gua terindah dengan struktur yang sangat artistik dan menakjubkan.

1.   Gua Dongzhong, China (sekolah dalam gua)

 

Kita akan terkejut bila memasuki area dalam gua ini saat mengetahui bahwa puluhan anak ternyata datang tiap hari ke sini untuk belajar. Gua ini dijadikan sebuah skolah. Sekolah gua ini berada di desa Miao, di wilayah Ziyun, Cina. Gua ini terbentuk secara alami selama beratus tahun yang lalu.

2.   Fantastic Pit

 

Terowongan bernama Fantastic Pit memiliki kedalaman sekitar 586 meter dan merupakan terowongan terpanjang di benua Amerika. Karena sangat dalam, terowongan ini mampu menampung Washington Monument (555 meter). Diperlukan waktu 8 detik untuk sebuah batu mencapai dasar gua.

3.   Gua Hantu Venezuela

 

“Cueva del Fantasma”, nama Spanyol dari “Gua Hantu” ini yang memang sangat luas sehingga 2 helikopter pun mampu memasuki gua ini dan mendarat di samping air terjunnya. Air terjun ini tertampung dalam sebuah kolam di dalam gua. Saat ditemukan, beberapa peneliti juga mendapati beberapa jenis katak langka dalam gua berspecies Colostethus.

4.   Gua Es Eisriesenwelt, Austria (Gua Es terbesar di dunia)

 

Di dunia ini terdapat banyak sekali gua es tetapi Eisriesenwelt Ice Cave di Austria mungkin adalah yang terbesar. Terletak di Pegunungan Tennengebirge dekat Salzburg dan membentang sepanjang 40 kilometer. Di dalamnya terdapat langit-langit yang sangat mempesona dan dijuluki Mother Nature’s handicraft.

5.   Gua Waitomo Glowworm, New Zealand (surga ulat kelap-kelip)

 

Gua Waitomo Glowworm terletak di sebelah utara pulau New Zealand dan terkenal dengan populasi glowworm (ulat kelap-kelip) , Arachnocampa luminosa. Ulat-ulat ini mampu menghasilkan salah satu komoditi dagang Selandia Baru yaitu sutra. Lihatlah betapa indahnya gua yang gelap ini dihiasi penerangan oleh ulat-ulat tersebut.

6.   Gua Majlis Al-Jinn, Oman

 

Majlis al Jinn merupakan gua terluas kedua di dunia. Terletak di dataran tinggi Selma pada ketinggian 1600 meter dari Kesultanan Oman. Gua ini ditemukan pada tahun 1983 oleh Don Davidson, seorang geologis yang datang ke Oman. Davidson dikabarkan meninggal 10 tahun kemudian saat melakukan pendakian di Pegunungan Andes. Untuk memasuki gua ini kita harus menggunakan tali. Gua ini mempunyai kedalaman 120 hingga 150 meter.

7.   Gua Kristal, Meksiko

Dikenal dengan “the Sistine Chapel of crystals”, Mexico’s Cueva de los Cristales (Gua Kristal) ini mengandung kristal-kristal alami yang terkenal di dunia. Kristal tersebut memiliki panjang rata-rata 11 meter. Gua ini berkedalaman hampir 290 meter. Di ilayah ini dibangun sebuah komplek pertambangan bernama Naica. Gua ini tercipta oleh aktivitas gunung berapi berjuta-juta tahun yang lalu.

Sumber : http://azrincuprat.wordpress.com/2010/01/09/gua-gua-terindah-di-dunia/

 
Leave a comment

Posted by on May 1, 2012 in Geography

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: